Ternyata Ini Alasan Kenapa Pesawat Jarang Tersambar Petir

Ternyata Ini Alasan Kenapa Pesawat Jarang Tersambar Petir – Jika di fikir-fikir pesawat dan burung sama-sama terbang melayang di atas langit. Kedua benda tersebut sejatinya berpeluang tersambar petir. Tetapi alasan pesawat jarang tersambar petir adalah karena system anti petir yang canggih pada pesawat.

Sebenarnya potensi pesawat tersambar petir senantiasa ada. Tetapi alasan pesawat jarang tersambar petir adalah berkat system Static Discharge (SD) yang terpasang di badannya untuk memperkecil kemungkinan pesawat tersambar petir terlebih pada pesawat modern.

Petir timbul diakibatkan muatan listrik di udara yang berbeda disebabkan gesekan antara benda atau awan dengan udara sehingga mengakibatkan muatan listrik statis pada benda tersebut. Alasan pesawat jarang tersambar petir seperti halnya pesawat dapat bergerak di udara terbentuklah listrik statis pada badan pesawat.

Tetapi SD dengan segera mengeluarkan listrik ke udara yang memperkecil kemungkinan tersambar. Inilah alasan pesawat jarang tersambar petir sehingga apabila SD tidak bekerja, mungkin saja pesawat dapat tersambar petir sehingga timbulah gangguan pada peralatan komunikasi, navigasi pesawat bahkan terbakar saat di udara walaupun hal tersebut jarang terjadi.

Karena bentuknya yang berupa lempengan plastik berisi logam atau kawat yang ditempatkan di ekor pesawat atau ujung sayap dengan jumlah 12-16 buah sehingga SD pada pesawat jarang mengalami kerusakan bahkan perawatannya juga sangat sederhana.

Saat terlalu banyak muatan listrik yang terkumpul pada SD maka muatan tersebut dengan sendirinya bakal terlepas. 40 petir menghantam bumi setiap hari, tetapi karena bumi begitu luas maka sangat kecil kemungkinan pesawat akan tersambar petir. Tetapi rata-rata sebuah pesawat tersambar petir setiap tahunnya. Kini sudah tahu bukan alasan pesawat jarang tersambar petir?

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*